.

Minggu, 17 Januari 2010

AMALAN AGAR SUKSES BELAJAR


Dari Ali bin Abi Thalib ra., dia berkata :
“ ada tiga perkara yang dapat menambah kekuatan hapalan di dalam hati dan menghilangkan lendir (dahak), yaitu bersiwak,puasa dan membaca Al quran “
(dikutip dari terjemah Nashaihul Ibad )
Apa saja yang dapat mengurangi dahak bisa menguatkan hafalan. Dan apa yang menambah dahak menyebabkan lemahnya hafalan. (Ta’lim Muta’allim) Cara cepat mengurangi dahak diantaranya dengan digurah ( bisa minum kapsul gurah atau ditetesi ramuan gurah ). Adapun yang dapat merusak hapalan adalah banyak berbuat maksiat, banyak dosa, banyak susah, prihatin memikirkan urusan harta, terlalu banyak kerja. Hati-hati “tidur pagi dapat menyebabkan miskin ilmu dan miskin harta ( kitab Ta’lim Muta’allim)

2. Doa Seusai belajar

Agar apa yang kita baca, kita dengar, kita tulis, tidak hilang begitu saja, maka semuanya itu harus kita titipkan kepada Allah Ta’ala dengan membaca doa di bawah ini. Apabila kita baca doa ini setiap kali selesai membaca, menulis atau uraian guru, maka Insya Allah suatu saat bila kita memerlukannya, Allah akan mengembalikannya kepada kita, dan kita pun akan mengingatnya kembali dengan jelas.

اَللّهُمَّااِنّىِ اِسْتَوْ دَعْتُكَ(..)فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَحَاجَتِىْ اِلَيْهِ

Tanda titik-titik itu diisi dengan kalimat :
1. setiap selesai membaca, tambahkan
مَاقَرَ ْأ تُهُ
2. setiap selesai menulis, tambahkan
مَاكَتَبْتُهُ
3. Setiap selesai mendengar, tambahkan
مَاسَمِعْتُ

Comments :

0 komentar to “AMALAN AGAR SUKSES BELAJAR”

Posting Komentar

LAGI ON LINE ENGGA

 

Copyright © JANUARI 2011 by NEWS FROM AA ASEP

mulai terbit .24-12-2009.